Dia yang Membentuk Diri Gue yang Sekarang

Hola! Oke jadi ini adalah tulisan pertama di blog baru gue ini setelah sekian lama ngga nge-blog. Dan kenapa pada akhirnya gue membuat blog ini tidak lain tidak bukan adalah karena gue mau ikutan lomba blog dari zenius.net dengan tema #ZeniusForTheLoveOfLearning sekaligus untuk mengisi kegabutan gue selama libur kuliah ini.

Sebelumnya gue akan memperkenalkan diri gue terlebih dahulu dan bagaimana awal pertemuan manis gue sama Zenius*ceileh. By the way ini gue di real life jarang banget ngomong pake 'gue-lo' karena gue sebenernya orang Ngapak jadi kalo ngomong 'gue' logatnya berubah jadi 'ghuwweee'. Tapi biar kerasa Zenius vibes nya disini gue bakal pake 'gue-lo' haha.
Jadi, perkenalkan nama gue Karin, seorang mahasiswi yang akan memasuki semester 3 di salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementrian Keuangan yang terletak di Tangerang Selatan (tau lah yaa). Disini gue bakal cerita bagaimana akhirnya Zenius 'menyelamatkan' hidup serta pola pikir gue.

Oke kita flashback ke sekitar dua tahun lalu. Saat itu lagi gue lagi menikmati masa liburan pergantian kelas dari kelas 11 ke kelas 12. Hal-hal yang gue lakuin selama liburan ya ngga jauh-jauh dari nonton film, baca novel, berselancar di internet, nge-game, sampe stalking. Gue waktu itu sangat-sangat ingin menikmati liburan sebelum masuk ke kelas dua belas yang mana bakal disibukkan dengan UN, SBMPTN, UM dan segala macemnya jadi sebisa mungkin gue kudu muas-muasin waktu liburan gue untuk melakukan hal-hal yang gue senengin, ya intinya gue mau seneng-seneng dulu lah sebelum perang. Waktu itu gue dapet rekomendasi film dari temen. Film ini intinya mengungkapkan bahwa manusia ternyata baru bisa make 10% dari total kapasitas otaknya (sebagian dari kalian pasti tau ini film apa). Seru sih film nya, tapi gue tuh yang kayak "masa iya sih?". Akhirnya gue searching-searching gitu kan di internet untuk membuktikan kebenarannya dan ketemulah gue sama artikel ini....


Dan... itulah pertemuan pertama gue sama Zenius. Dari situ gue tau bahwa pernyataan manusia baru bisa make 10% otaknya adalah hoax. Kesan pertama gue waktu baca artikel ini, 
"Gilak ini sih enak banget nge-jelasin sesuatu yang ilmiah gini! Bahasa-nya juga enak, gampang dipahamin. Biasanya kalo ada artikel yang menjelaskan hal-hal ilmiah kan bikin ngantuk, ini kok asik yaa..."
Akhirnya gue penasaran sama blog ini dan berakhirlah dengan ngubek-ngubek ini blog sampe lupa waktu. Dari blog Zenius ini juga gue akhirnya banyak nemuin pseudoscience atau mitos-mitos sains yang sayangnya masih banyak banget orang yang percaya, contohnya Mitos Otak Kanan dan Kiri, Kepribadian ditentukan berdasarkan Golongan Darah, sampe Pandangan Keliru tentang Evolusi (ini sih yang paling bikin gue impressed).

Sebenernya sebelum pertemuan pertama itu, gue udah sering denger tentang Zenius gitu. Ya gue tau kalo itu semacam bimbel online gitu cuma ya karena ke-skeptis-an gue sama bimbel-bimbelan, mau itu online kek offline kek, gue ga ada hasrat buat daftar. Yep, gue ga pernah ikut bimbel sebelumnya karena pada dasarnya gue orangnya mageran dan gampang bosenan kalo ikutan les kek gitu. Gue tipe orang yang sangat suka belajar sendiri dan ya sayang aja kalo misalnya orang tua gue harus ngeluarin duit lebih buat bimbel tapi gue nya merasa itu kurang efektif buat diri gue. Pernah sekali coba ikut les salah satu mapel eh akhirnya memutuskan berhenti di tengah jalan karena ya gitu merasa ngga efektif dan merasa gitu-gitu aja, ngga ada perkembangan yang signifikan. 

Sampai pada akhirnya memasuki kelas 12, temen-temen gue pada sibuk bimbel sana sini, les ini les itu sedangkan gue gini-gini aja. Sejujurnya gue merasa tertekan banget. Gue mikir kalo kaya gini, gue bakal ketinggalan jauh sama mereka. Gimana gue bisa lolos perguruan tinggi kalo gini caranya? Gue udah ga bisa ngarepin SNMPTN sama sekali karena ya gue sadar diri nilai semester 1 sampai 4 ancur-ancuran. 

#Masa Jahiliyah hingga akhirnya kita PDKT
Gue bakal bilang masa jahiliyah gue adalah sebelum ketemu Zenius. Kenapa? Dari dulu, dari SD bahkan, gue orangnya sangat-sangat nilai-oriented. Yang gue peduliin cuma nilai, nilai, dan nilai. Bodoamat mau belajar gue salah kek mau paham kek mau enggak kek yang penting nilai gue bagus. Eitsss, tapi gue ngga pernah nyontek lho ya. Dari SD sampe SMP gue selalu rangking 1 dan ya hal itu yang cuma bisa gue banggain selama 9 tahun sekolah. SMA gimana? Haha, mampus. Gue merasa semacam culture-shock dimana SMA gue udah menerapkan kurikulum 2013 yang mana siswa nya harus lebih aktif dari gurunya, harus lebih kritis dll. Dari SD-SMP yang selalu 'disuapin' sama guru hingga akhirnya kudu ngerasain belajar di SMA yang bener-bener mandiri. Peringkat gimana? Peringkat gue selama semester 1-4 di SMA ya berkutat cuma di 20 besar. Paling parah sih peringkat 18. Dan itu bener-bener bikin gue down. Nilai math, bio, fisika parah. Yang paling mending sih kimia masih bisa menjangkau angka 8 lah. Nilai fisika jangan ditanya, nilai raport nge-pas KKM karena selama ulangan selalu muter-muter di angka 4 atau 5. Gue merenung. Gue merasa usaha selama 11 tahun gue sia sia. Buat apa selama sembilan tahun juara satu terus kalau pada akhirnya gagal di tengah jalan. Buat apa gue bisa masuk sekolah bagus kalau pada akhirnya gue ngga bisa masuk perguruan tinggi yang gue mau. 

Akhirnya di kelas 12 itu juga gue berusaha buat bangkit, gue memaksimalkan kesempatan yang tinggal sekali lagi sebisa mungkin. Gue mencoba untuk me-recall pelajaran-pelajaran dari kelas 10 dan 11. Hasilnya? Nol Besar. Gue tetep ngga ngerti apa-apa. Gue sadar cara belajar gue selama ini salah banget. Gue masih membawa kebiasaan belajar SD-SMP gue ke SMA dimana belajar ya kalo cuma mau ulangan aja. Belajar yang asal ngapal rumus atau step-step yang dikasih guru tanpa ngerti konsep dasarnya. Ngga peduli ini asalnya dari mana kenapa kok bisa begini. Ngga ngerti esensi ilmu yang lagi gue pelajarin tuh buat apa. Intinya, gue belajar cuma buat nilai, cuma buat ulangan. Selama itu gue menganggap belajar itu adalah beban buat gue. Sampai akhirnya gue nemuin 3 artikel yang ditulis bang Glenn, lagi-lagi di blog Zenius.




Abis baca artikel-artikel itu, gue berasa ditampar berkali-kali. Jadi gue selama ini belajar cuma buat formalitas. Gue cuma menggugurkan kewajiban gue sebagai pelajar. Selama itu pula, yang gue lakuin itu cuma studying, bukan learning. Menganggap belajar hanya untuk ujian, bukan untuk seumur hidup. Dan itu yang bikin gue ngga menikmati proses belajar gue. Gue cuma menganggap belajar itu adalah sebuah beban. Gue belajar asal ngapal rumus doang, ga peduli gimana kok bisa ada rumus-rumus gitu, ogah nurun-nurunin rumus karena menurut gue itu adalah hal yang sangat meribetkan. Yang penting hapal rumus, toh ntar juga bisa ngerjain. Ngapain juga ribet-ribet nyari asal-usul rumus buang-buang waktu. Iya, sesempit itu pikiran gue dulu cuy (silakan bully diri gue dimasa lalu, waktu dan tempat dipersilakan). 

Dan gue pun baru inget, waktu kelas 11 gue pernah semaleman belajar fisika bela-belain ngga tidur cuma dengan modal ngapal rumus doang! Waktu itu gue udah optimis banget ulangan gue bisa ngerjain dan hasilnyaaa... ya zonk dong. Belum selesai baca soal aja gue udah blank duluan. Abis ulangan kelar, gue lagi-lagi merenung. Kayaknya gue sebenernya emang bodoh deh. Temen-temen gue yang kayaknya usaha nya ga sekeras gue kok keliatannya bisa-bisa aja tuh ngerjain. Percuma gue belajar kagak tidur semaleman pada tapi akhirnya ga bisa ngerjain. Apa bedanya sama mereka yang ga belajar sama sekali. Dan saat itu juga, gue jadi skeptis sama kutipan "hasil tidak akan mengkhianati usaha". Ya elah gimana mau berhasil, usaha yang lu lakuin aja mencong, Maemunah...  

Gue terus-terusan mengutuki diri gue sebagai orang yang bodoh. Bisanya cuma ngapal doang. Otak gue emang ngga mampu buat masalah ginian. Gue nangis tiap malem di pojokan kamar karena selalu dibayangi pikiran-pikiran 'kayaknya'. Kayaknya gue emang terlahir bodoh. Kayaknya gue ngga bisa masuk perguruan tinggi yang gue mau, deh. Kayaknya masa depan gue bakalan suram. Ngerjain soal level ulangan aja gue ngga bisa, apalagi kudu ngerjain level tes perguruan tinggi. Tewas duluan dah gue. Ngga ada perguruan tinggi favorit yang mau nerima gue. Gue merasa ngga pantes. Iya, se-insecure itu.

Untungnya, Tuhan lagi-lagi ngasih jalan buat gue ngilangin toxic mindset itu lewat blog Zenius lagi. Lewat artikel "Iya, Gue Emang Bukan Anak Pinter, Terus Gimana Dong?", gue jadi tau kalo gue lagi terkurung dalam Fixed Mindset. Ketika gue gagal, gue selalu mencari pembenaran kalau gue bukan seseorang yang jago. Gue bukan anak pinter. Gue selalu bersembunyi di balik tameng itu.
Tapi berkat artikel tadi, lagi-lagi gue ditampar. Gue akhirnya berusaha untung ngilangin fixed-mindset itu dari diri gue dan menggantinya dengan Growth-mindset. Serius, ini ngaruh banget. Dari situ gue kudu belajar bahwa kegagalan itu adalah sebuah pembelajaran dan gue harus nemuin cara yang lain agar usaha bisa membuahkan hasil. Gue bisa asal gue berusaha 'dengan benar'.

Karena keseringan baca artikel-artikel di zenius blog itu yang akhirnya pelan-pelan bisa memperbaiki pola pikir gue. Hm emang kayaknya Zenius ini keren parah, sih. Pikir gue waktu itu. Yaudahlah, pas semester kelas 1 kelas 12 gue coba untuk nge-play salah satu video demo nya. Gue iseng buka materi  Trigonometri dan ya respon gue pertama kali adalah...
"Gilak sih, ini suaranya ganteng banget! Kalau kek gini sih gue ngga bakal bosen belajar, haha!"

Iyes, suara siapa lagi kalo bukan bang Sabda. Banyak yang bilang berasa lagi diajar sama gebetan kalo sama bang Sabda wkwk.  Waktu gue nonton video itu, gue agak tercengang, kok bisa ya konsep trigonometri yang paling dasar aja gue baru ngerti sekarang.  Selama ini gue ngapain aja.. Udah suaranya ganteng, ngejelasinnya enak bener-bener dari konsep dasar, huh mo nangis aja gue waktu itu. Kenapa kenalnya telat banget, sih. 

#Awal Jadian Gue Sama Zenius
Setelah PeDeKaTe beberapa bulan sama Zeni, gue akhirnya memutuskan untuk jadian sama doi. Kita resmi jadian sih bulan Oktober 2017 cuma gue lupa tanggal berapa (maap ya Zen, jangan marah cuma gara-gara gue lupa tanggal jadian). Sejak saat itu hidup gue ngga bisa lepas dari doi. Gue jadi addicted banget sama belajar. Dalam sehari gue bisa nge-zen sampe 10 jam. Gue hajar materi-materi dari kelas 10 yang bahkan konsep dasarnya aja gue ngga tau. 

Disela-sela kesibukan gue buat nge-zen,  gue kadang merasa suntuk. Disaat itulah gue mencoba untuk nonton film atau baca novel buat menghilangkan rasa penat gue. Genre film atau novel nya sih ngga jauh-jauh dari sci-fi, karena ya itu salah satu genre favorit gue. Gue nonton film Interstellar-nya Christopher Nolan. Emang deh film-film nya Om Nolan kadang bikin gue tambah puyeng, bikin gue selalu bengong setelah selesai nonton film-nya. Karena gue ngga sepenuhnya mudeng sama tuh film, biasalah gue searching di internet. Dan lagi-lagi gue ketemu artikel lo, Zen. Yah, lo lagi lo lagi.


Dan keren parah, sih! Dari penjelasan itu, gue jadi paham kenapa si Cooper yang abis ke luar angkasa ngga bertambah tua, sedangkan anaknya si Murph malah udah jadi nenek-nenek. Fenomena ini bisa dijelaskan dengan konsep dilatasi waktu yang mana konsep itu didasarkan pada teori nya Einstein yaitu Relativitas Khusus. Dan secara 'kebetulan' waktu itu pelajaran fisika kelas 12 bahas materi Relativitas Khusus. Wah, makin semangat tuh gue baca artikel. 
Tuh, sampe dijabarin pembuktian rumusnya segala

Keren banget ngga sih, ni si Zen. Setelah nonton film Interstellar sama baca penjelasan ilmiah ini, materi Relativitas Khusus malah jadi yang paling nyantol selama gue belajar fisika. Iya, dari dulu gue ngga pernah bener emang belajar fisika nya. Kurang cinta apa lagi coba sama si Zeni ini. Dari situ gue sadar bahwa dari film pun gue bisa belajar, even mapel fisika sekalipun. Ternyata belajar bisa dari mana aja ya, hehe.


#Dia yang Selalu Nemenin Gue di Masa Masa Sulit
Big thanks to bang Sabda sama wejangan-wejangannya di Zenius Learning. Sejak saat itu, gue punya hobi baru yaitu dengerin bang Sabda cuap-cuap. Seneng banget waktu dia ngejelasin fundamental, basic skills, critical thinking dan ajaran-ajaran doi yang lain. Berkat doi juga gue akhirnya  mulai menghilangkan kebiasaan 'ngapal' dan mulai belajar dari akar-akarnya karena dia selalu menekankan pentingnya konsep dasar. Gue juga jadi sering ngulik-ngulik rumus matematika dan fisika. Sampai saat ini gue masih terngiang-ngiang sama integral kodok lu, bang. Then how you say "hajarrr boy", "kotak-kotakin aja", or "jembrenginnn".  Btw, ngomongin integral, ketika waktu itu temen-temen gue nyelesain soal integral pake cara panjang yang super duper belibet dari guru dengan terus-terusan ngomong "abis ini diapain?", gue bisa dengan cepet nyelesain dengan cara 'kotakin' ala Zenius.
https://www.zenius.net/blog/11944/meme-zenius

Makasih juga buat bang Pras dengan recehan-recehan garing nya yang bikin belajar biologi ngga ngebosenin ditambah doi yang jago banget nge-gambar bikin belajar biologi jadi lebih berwarna. Yang jelas gue akhirnya bisa menghilangkan mindset bahwa biologi penuh dengan hafalan. Pernah waktu itu gue tiba-tiba demam dan besoknya ada ulangan biologi. Karena gue males ikut ulangan susulan yaudah malemnya gue paksain aja belajar. Dan karena lagi demam, otomatis gue cuma bisa rebahan di kasur dan untuk belajar lewat buku kan susah, yaudah akhirnya gue cuma full belajar lewat video Zenius. Gue ngga buka buku catetan atau pun modul sama sekali. Gue sih ngga berekspektasi lebih bisa ngerjain ulangannya, tapi you know what, paginya gue bisa ngerjain 90% dari total soal dengan lancar jaya. Penjelasan bang Pras emang bener-bener nancep di otak gue.
Buat kak Yoki dengan suaranya yang tenang nan adem, makasih karena akhirnya nilai raport kimia semester 5 gue bisa mencapai kepala 9 dan yang paling bikin gue seneng adalah gue bisa ngerjain  soal Kimia SBMPTN sebesar 11 nomer dengan yakin. Peringkat gue juga naik jadi masuk ke 10 besar, hehe. Ya, lumayan lah akhirnya perbaikan cara belajar gue membuahkan hasil. 

Gue jadi selalu ngandelin Zenius pada setiap proses perjalanan belajar gue. Gue mulai menerapkan deliberate practice ala bang Sabda buat US, USBN, UN, SBMPTN bahkan SPMB PKN STAN. Semester 1 kelas 12, gue mulai mantepin TPA biar fondasi gue kuat. Setelah itu, semester 2 gue baru mulai fokus ke mapel-mapel seperti bio, kimia, fisika, math dll. Gue sampe bela-belain beli buku gede khusus buat nyatet materi-materi yang gue dapetin di Zenius dan sampai saat ini buku itu masih tersimpan rapi di lemari kesayangan gue, ya sebagai kenangan kita, Zen :) 
Gue ngga terlalu ngoyo di UN. Gue saat itu bener-bener fokus di SBMPTN karena ya gue udah ngga bisa berharap lagi sih sama SNMPTN. Dan bener aja pas pengumuman SNMPTN gue dapet merah. Mau se-enggak berharap apapun, ya sebagai manusia, gue tetep kecewa. Gue nangis. Gue iri sama temen-temen gue yang bisa dapet UI, ITB, UGM, UNDIP dll.  Tapi gue ngga mau lama-lama terpuruk dong, gue harus berusaha lebih keras buat ngadepin SBMPTN. Gue hajar tuh konsep-konsep dasar yang selama ini gue abaikan. Gue lahap soal-soal tahun lalu sampe mampus. 

Berkat amunisi yang dikasih Zeni, gue perlahan bisa menghilangkan sifat keraguan gue sama masa depan. Gue jadi lebih yakin sama diri gue. Growth mindset itu ternyata emang ngaruh banget. Sampai pada saatnya hari H SBMPTN, gue bisa ngerjain dengan tenang. Gue lupa waktu itu gue bisa ngerjain berapa soal. Antara yakin sama ngga yakin bisa lolos. 
Dan karena masih ada satu target lagi yang harus gue capai, yaitu SPMB PKN STAN, setelah beres sama SBMPTN gue mulai fokus sama SPMB. Jarak dari tes SBMPTN sama SPMB sekitar satu bulan jadi gue kira cukup lah buat memperdalam materi, apalagi basic TPA gue udah lumayan, ya tinggal lebih fokus sama TBI dan SKD. Makasih buat Kak Wilo buat TPA nya dan Kak Donna buat TBI nya, akhirnya gue bisa mengenyam pendidikan disini :).

Dan... tibalah pengumuman SBMPTN. Sore itu sekitar jam 5 gue lagi di jalan, lagi di angkutan umum tepatnya. Temen-temen gue udah pada ribut sama pengumuman. Sedangkan gue belum berani buat buka pengumuman itu, lagian kondisi gue lagi di jalan. Ngga memungkinkan untuk buka pengumuman di tempat umum. Tapi ada satu temen gue yang memaksa gue buat cepet-cepet buka karena kata dia, dia ngelihat ada nama gue di daftar nama yang keterima SBMPTN di sebuah file PDF yang dia dapet dari internet. Gue semakin deg-degan dong. Gue juga ngga berharap lebih karena mungkin aja banyak yang namanya sama kayak gue. Karena penasaran yang amat dalam yaudah akhirnya gue memutuskan untuk buka saat itu juga. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, gue masukkin tanggal lahir gue sama nomor peserta, dan jeng jeng...
Gue dapet kata SELAMAT
Gue speechless. Gue mau teriak saat itu, cuma karena gua lagi di angkutan umum ya malu lah. Jadi, ya gue  cuma bisa mesem-mesem aja.  Gue keterima di salah satu PTN di kota Bandung btw.

Walaupun gue udah keterima SBMPTN, gue masih punya satu target lagi. Karena orang tua gue pengin banget gue masuk STAN jadi gue masih harus berjuang di SPMB. Tepat 3 hari setelah pengumuman SBMPTN gue tes STAN. Dan alhamdulillah gue bisa lolos ambang batas, tinggal nunggu perangkingan nasional. Walaupun skor gue ga tinggi-tinggi banget tapi masih dalam batas aman lah. Gue agak yakin waktu itu. 

Tepat satu tahun yang lalu, tanggal 28 Juli 2018 adalah hari yang menentukan masa depan gue. Pagi itu, gue kondisi lagi demam parah. Gue buka HP tuh pagi-pagi. Gue kaget banyak yang ngucapin selamat ke gue.
"Hah, pengumuman STAN udah keluar?"
Iyap, ternyata bener pengumuman dimajuin jam 12 malem. Gue buka tuh pengumuman, gue cari nama gue, gue cocokin nomor BPU nya, dan bener... ITU GUE. Dengan suara sengau karena hidung mampet, gue teriak-teriak ke orang tua gue. Gue tunjukkin tuh pengumuman. Terus mama langsung meluk gue dong, dan kita berdua nangis :'). Kalau dipikir-pikir itu adalah momen ter-sweet gue sama mama.

Gue masih ngga percaya. Seorang Karin yang mungkin banyak orang yang meragukan masa depannya. Yang dulunya merasa dirinya sangat bodoh sampe mikir ngga pantes buat dapet perguruan tinggi. Yang di SMA jadi jajaran manusia tukang remed. Yang bukan dari golongan siswa berprestasi di SMA nya, akhirnya bisa lolos di PTN dan PTK. Mungkin banyak diantara kalian terutama temen-temen SMA gue yang ngga nyangka seorang Karin bisa lolos SBM dan SPMB. Gue bukan siapa-siapa di sekolah, boro-boro di tingkat sekolah, di kelas aja gue cuma bisa jadi siswa standar. Gue pun sampai saat ini masih ngga nyangka aja sama diri gue, disaat temen-temen gue yang lain, yang lebih pinter dari gue, yang peringkatnya jauh diatas gue, ternyata banyak yang ngga lolos. Dan ya gue bisa membuktikan ke diri gue sendiri, bahwa sebenernya gue bisa.
"Kok, lu milih STAN sih, Rin? Kan lu dari IPA? Yakin lu bakal betah sama ilmu-ilmu sosial? Ngga nyesel lu?"
Gue memang ngga pernah belajar ilmu sosial secara mendalam sebelumnya. Terakhir gue belajar ya IPS jaman SMP dan itu pun gue sama sekali ngga terlalu tertarik. Karena ya itu tadi, gue dari dulu cuma belajar dengan cara 'ngapal' tanpa mau tau esensi dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Dan yang paling gue sesali adalah, gue dulu adalah salah satu orang yang mandang rendah ilmu sosial (oke, silakan bully gue lagi). 
Gue awalnya ragu, apakah nantinya gue bisa survive dengan ilmu-ilmu sosial di perkuliahan sedangkan gue ngga punya basic sosial sama sekali. Tapi gue harus meyakinkan diri gue. Gue harus tetep pegang tuh growth-mindset. Gue ngga mau membatasi diri gue lagi. Itung-itung gue mau mengeksplorasi diri gue dan keluar dari zona nyaman. Gua pengin belajar ilmu-ilmu baru. Dan apakah gue sekarang menyesal sama keputusan gue? Jawabannya, tidak sama sekali. 

#Bagaimana Akhirnya Doi Membentuk Diri Gue yang Sekarang
Setelah 9 bulan gue jadian sama Zeni, akhirnya di bulan Juli kita resmi putus (iya, kontraknya cuma 9 bulan). Sedih sih jelas waktu awal-awal putus, kayak ada yang hilang gitu*ehem. Gue sangat berterimakasih sama Zenius akhirnya bisa nge-bawa diri gue sejauh ini. Lebih dari semua pencapaian-pencapaian akademis tadi, menurut gue pencapaian terbesar gue setelah jadian sama Zenius bukan di angka. Pencapaian akademis itu gue anggep sebagai bonus. Hal yang sangat gue syukuri adalah bagaimana akhirnya dia bisa membantu gue untuk menghilangkan pola pikir kolot gue di masa lalu. Gue yang pada akhirnya mulai memperbaiki cara belajar gue dan merasa lebih enjoy saat belajar. Gue jadi addicted sama belajar. Dan sampe sekarang jadi addicted banget sama berbagai ilmu pengetahuan. Pelan-pelan gue mulai paham sama esensi ilmu pengetahuan yang selama ini gue pelajari. Dari dia, gue ngga mau membatasi ilmu apa yang harus gue pelajarin. Karena pada dasarnya semua ilmu pengetahuan itu penting dan gue ngga mau lagi menganggap remeh suatu bidang ilmu tertentu (kapok gue). Gue kualat, gue yang dulunya mikir bahwa ilmu-ilmu sosial itu sama sekali ngga asik, ternyata salah besar. Ilmu sosial ternyata se-asik itu kalau udah didalami dengan benar. 

#Memulai Kehidupan Kuliah Tanpa Zeni
Anyway, gue masuk prodi D III PBB/Penilai, dimana di prodi ini mengharuskan untuk menguasai beberapa bidang ilmu. Contohnya, ekonomi, hukum, bisnis, akuntansi, teknologi bangunan sampai yang berkaitan dengan sistem informasi geografis. Iya, campuran ilmu eksak sama ilmu sosial. Makanya prodi gue disebut-sebut sebagai tekniknya STAN.


Pekerjaan kita nantinya adalah menilai aset-aset negara seperti properti, bisnis, bahkan sumber daya alam untuk keperluan penerimaan negara, misalnya. Makanya, kata salah satu dosen gue, untuk menunjang ilmu penilaian, kita diharuskan untuk benar-benar menguasai ilmu ekonomi. Gue yang dari awal sama sekali ngga punya basic di ekonomi sempet kewalahan. Banyak temen-temen gue yang walaupun awalnya anak IPA, mereka pernah dapet lintas minat ekonomi. Seenggaknya punya basic sedikit lah. Sedangkan gue dulu pas SMA ngga dapet lintas minat ekonomi, jadi ya bener-bener dari nol. Gue diharuskan untuk melahap textbook ekonomi dan akuntansi yang lumayan berat. 

Di masa-masa adaptasi sama dunia kampus dan segala ilmu-ilmu baru itu, di semester 1 gue cukup kewalahan. Proses belajar gue masih belum stabil. Karena gara-gara terbiasa untuk belajar dari root-nya terlebih dahulu, jadi gue lumayan tersiksa ketika gue lagi ngga paham sama konsep dasar ilmu yang lagi gue pelajari. Gue ngga puas ketika gue dapet nilai bagus tapi gue dapetin itu dengan cara ngapal doang. Gue ngga mau lagi mengulang kesalahan yang sama seperti di SMA. Gue mencoba untuk memperkuat basic gue dulu. Gue cari tuh buku-buku yang kira-kira enak buat gue pahami, gue cari website-website belajar yang enak, dan akhirnya, gue inget Zeni lagi (emang dasar ya manusia, inget kalau lagi susahnya aja). Gue pinjem akun zenius adek sepupu gue yang juga pake zeni. Gue buka tuh, materi ekonomi SMA, hihi. Lumayan buat mengobati rasa rindu*halah.

Setelah gue cukup paham sama konsep dasar, gue mencoba buat eksplor lebih jauh. Gue mencoba buat menganalisis sampai berdiskusi sama temen terkait isu-isu ekonomi dan mengaitkannya dengan teori yang udah gue pelajari. Gue bolak-balik ke portal berita ekonomi sampe kembali ngubek-ubek blog zenius. Disitu gue dapet artikel yang menarik banget seperti Bagaimana Kebijakan Subsidi Bisa Menghancurkan Sebuah Negara, Kenapa Nilai Rupiah Terus Merosot sampai Bagaimana Pemerintah Mengatasi Nilai Rupiah tersebut. Dan masih banyak artikel menarik lain pokoknya. Gue jadi tau kalau ilmu ekonomi adalah ilmu yang menurut gue mind-blowing banget, tapi disitulah letak keasikannya. Gue jadi pengin ketawa inget gue dulu pernah berpikiran kalau gue ngga akan milih jurusan kuliah yang berbau sosial-politik-ekonomi karena menurut gue itu bukan passion gue sama sekali. Hadeh, kalau dipikir-pikir gimana lo mau tau itu passion lo atau bukan, sedangkan lo nyicipin aja belom. Eksplor aja belom, udah main judge aja.

Ya tapi gue menganggap itu semua adalah proses belajar gue. Bukan yang semata-mata belajar untuk ujian, tapi bagaimana untuk memaknai hakikat suatu ilmu itu sendiri dan bagaimana impact nya bagi diri gue selama gue hidup. 

Dan bukan berarti setelah gue kuliah, yang kebanyakan berkutat sama ilmu-ilmu sosial, gue jadi ngga peduli lagi sama natural science. No, bukan berarti ilmu-ilmu yang ngga ada hubungannya sama jurusan gue ngga perlu gue pelajarin. Gue masih haus sama ilmu-ilmu sains. Gue masih sering tuh buka-buka blog zenius atau nontonin video dokumenter yang bahas masalah sains. Gue juga tetep beli buku-buku genre science seperti Cosmos-nya Carl Sagan, The Selfish Gene, atau Guns, Germ and Steel-nya Jared Diamond. Oh, iya gue baca buku-buku ini juga karena rekomendasi dari Zenius.  Mungkin beberapa dari temen gue memandang gue aneh karena baca-baca buku sains ginian atau bahkan mandang gue sebagai anak yang salah jurusan secara sekarang gue menyandang status 'anak sosial'.  

Ya, gimana ya, gue juga dulu salah produk dari pengkotak-kotak-an IPA vs IPS. Tapi setelah gue eksplorasi, dua-dua nya itu penting banget. Ga ada yang lebih superior, ga ada yang lebih inferior. Ilmu alam dan ilmu sosial sebenernya saling berhubungan. Jadi ngga ada tuh istilahnya anak sains ngga boleh belajar ilmu sosial atau sebaliknya, anak sosial ngga boleh belajar ilmu sains. Semua ilmu itu menarik asal lo mau eksplorasi lebih dalam aja. 

Gue dulu anaknya anti banget sama hal-hal yang berbau politik dan akhir-akhir ini gue sadar sebenernya politik tuh asik buat dipelajarin. Gue yang dulu sangat-sangat apatis sama isu-isu sosial karena  gue pikir itu bukan ranah gue tapi malah sekaranng jadi excited banget kalau ada yang ngajakin ngobrol tentang isu sosial-kebudayaan. Belakangan ini gue juga lagi baca-baca buku filsafat kayak buku Dunia Sophie. Ini buku emang enak banget sih buat pemula yang mau belajar filsafat. Belajar filsafat emang bikin lo jadi lebih kritis. Dan karena filsafat adalah ibu dari semua ilmu pengetahuan, makanya penting banget sebenernya buat setidaknya memahami filsafat. 

Banyak orang yang bilang jadi seorang PNS itu akan susah berkembang. Orang yang memilih jalan hidup sebagai PNS, dianggap sebagai orang yang cuma mau 'main aman'. Sebenernya itu tergantung dari mindset lo sendiri. Apakah lo cuma mau bekerja untuk menggugurkan kewajiban lo sebagai abdi negara atau apakah lo akan menganggap bahwa pekerjaan lo itu juga bagian dari proses belajar. Mungkin memang nantinya karir gue bakal jadi PNS/ASN. Tapi gue ngga mau jadi ASN yang biasa-biasa aja. Yang berangkat-absen-masuk kantor-pulang-repeat tapi buta sama ilmu pengetahuan. Karena mau jadi apa pun lo nantinya, mau dimana pun lo tinggal ngga ada yang bisa membatasi lo untuk bereksplorasi. Apalagi misal nih, suatu saat nanti lo akan menjadi seorang decision maker, lo mau ngga mau kudu punya basic knowledge yang luas. Supaya apa? Supaya lu bisa melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang, ngga cuma dari satu sisi yang akhirnya gampang ke-trigger, gampang kemakan hoax. Dan akhirnya bisa berakibat fatal dan berakhir keputusan yang lo ambil salah dan efeknya? Ya, merugikan banyak orang. 

Dari situ bisa jadi bukti bahwa belajar jangan hanya cuma di bangku sekolah. Belajar jangan hanya ngandelin textbook kuliah.  Belajar jangan hanya materi yang lo anggap itu adalah ranah lo. Belajarlah banyak hal. Belajar bukan hanya ketika lo sedang menyandang status siswa atau mahasiswa. Belajar jangan cuma buat ujian. Belajar itu adalah sebuah proses yang dilakukan seumur hidup. Kapan pun. Dimana pun.

Gue mau ngucapin makasih sekali lagi Zen. Kalau bukan karena lo, kayaknya gue ngga akan menjadi diri gue yang sekarang. Mungkin gue akan terus terkungkung dalam mindset-mindset yang salah kaprah itu. Mungkin gue bakal terus-terusan membatasi diri gue. Karena lo, gue jadi tau gimana proses belajar sebenernya, bahwa yang harus gue lakuin bukan cuma studying tapi learning. Karena lo, gue jadi seseorang yang lebih kritis. Karena lo gue jadi mengerti betapa indahnya ilmu pengetahuan. Karena lo, gue sekarang ngga mandang permasalahan cuma dari satu sisi. Mungkin kalau bukan karena lo juga, gue ngga bakal 'disini'. Gue ngga menyesal, gue baru kenal lo pas kelas 12. Karena dari situ gue berpikir bahwa mungkin semesta mau kasih gue jeda waktu untuk merenung, apa yang salah dengan diri gue. Dengan itu, lagi-lagi gue bisa 'belajar'. Belajar untuk jadi seseorang yang lebih baik. 

Terakhir, sebelum gue menutup tulisan gue yang ngga sadar udah meleber kemana-kemana, gue memang ngga punya kisah-kisah yang sangat menarik untuk diceritakan, gue juga bukan seseorang yang inspiratif. Gue cuma seseorang yang punya cita-cita untuk menjadi long-life learner. Bahwa cita-cita bukan sebatas pekerjaan belaka. And the last but not least, gue cuma mau berpesan kepada semua pembaca blog ini :
"Tolong jangan pernah batasi diri lo. Jangan pernah batasi diri lo untuk belajar apa pun, kapan pun, dan dimana pun lo berada. Menemukan atau mengikuti passion lo emang penting, tapi yang lebih penting sebenarnya adalah bagaimana lo mengeksplorasi diri lo sendiri. Karena di dunia yang super luas ini masih banyak hal yang perlu lo eksplorasi."
Sekian dan terimakasih. 


Selasa, 30 Juli 2019 ; 00.46 WIB
-di sudut kamar mungil ditemani secangkir coklat panas- 



Comments

  1. wiihhh gila gue sampe merinding lohh

    ReplyDelete
  2. Gabung Bersama kami di Betpulsa,net
    Daftar di Betpulsa,net Dan mainkan Ratusan Game Dalam 1ID
    Situs Paling Terpercaya Betpulsa
    Menangkan Bonus Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    Jaminan Kemenangan Bergaransi.
    AYO SEGERA BERGABUNG DAN BUKTIKAN SENDIRI

    Games Yang Tersedia Antara Lain :
    * SPORTSBOOK
    * POKER
    * LIVE CASINO
    * IDN LIVE
    * BLACK JACK
    * SLOT ONLINE
    * SABUNG AYAM S128

    Promo di Betpulsa :
    * Min Depo 25 K
    * Min WD - 50 K
    * Bonus New Member 15%
    * Next Deposit 10%
    * Bonus Harian 5%
    * Bonus Naik Level
    Dan Masih Banyak Bonus Lainnya.
    * Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan Rate 100%
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop tanpa kendala
    * Proses Deposit & Withdraw Tercepat
    * Jaminan Jackpot 100% Dan Mudah Cair
    * Livechat 24 Jam Online
    * Segera Bergabung Di Betpulsa,net
    * Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi CS Kami

    ## Contact_us ##
    WHATSAPP : 0822 7636 3934

    ReplyDelete
  3. bener2 menginspirasi banget kak ;),oiya kak, btw aku juga pengen masuk stan d jurusan DIII Penilai/PBB,doain aku dong kak biar aku bisa masuk d jurusan yg sma sma kakak,aku berharap suatu saat bisa ketemu sama kakak,thanks kak udah mau sharing pengalaman kk berjuang untuk stan bareng zenius,jujur jadi makin cinta deh kak sma zenius,maaf ya kak klw aku nikung hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

yang tak sampai

Sekelumit kata untuk Fikri Naufal.